4 Contoh Teks Diskusi dari Berbagai Tema, Perlu Dipahami

4 Contoh Teks Diskusi dari Berbagai Tema, Perlu Dipahami
Rate this post

4 contoh teks diskusi yang dapat Anda duplikat

4 Contoh Teks Diskusi dari Berbagai Tema, Perlu Dipahami

Contoh teks diskusi dan strukturnya

Bagaimana langkah-langkah membuat teks diskusi? Bagaimana cara membuat teks diskusi? Sebuah teks diskusi yang baik adalah struktur yang tepat. Struktur teks ini membuatnya mudah dibaca dan dipahami. Nah, secara umum struktur teks diskusi terbagi menjadi 3 yaitu: topik atau pendahuluan, argumen dan kesimpulan.
· Masalah booming

Bagian ini biasanya membahas isu atau masalah yang sedang dibahas. Penyajiannya berupa gambaran umum atau studi kasus yang belum mengandung opini yang mendukung atau negatif.

Isinya biasanya berupa deskripsi singkat tentang suatu masalah. Maka terbukalah jalan untuk menawarkan pendapat pro dan kontra.
· Sengketa

Bagian ini biasanya terdiri dari argumen yang mendukung dan menentang topik yang sedang dibahas. Anggota atau penulis dapat mempresentasikan argumen mereka terkait dengan diskusi yang dibahas. Jika ada argumentasi, bisa diikuti dengan argumentasi lain yang mendukung atau menolaknya.

Saat menulis teks diskusi ini, argumen pendukung biasanya dibedakan dari argumen lawan dengan paragraf terpisah. Nah, untuk menyampaikan argumen, itu juga perlu berbobot dan didukung oleh bukti yang kuat dan logika yang benar. Jadi baik argumen pro dan kontra harus sama-sama logis.
· Kesimpulan

Kesimpulan berisi jalan tengah antara argumen pro dan kontra. Bagian ini berisi alternatif solusi untuk masalah yang dibahas.

Contoh teks diskusi singkat

Jadi, bagaimana Anda membuat teks diskusi pendek? Di bawah ini kami berikan contoh teks diskusi tentang narkoba. Lihat contohnya!

Contoh teks diskusi tentang narkoba

Tentu Anda sudah sering mendengar istilah narkoba? Ya, istilah ini sering digunakan dalam pemberitaan karena banyak orang, terutama generasi muda, terlibat dalam kasus yang satu ini.

Narkoba selalu berhubungan dengan hal-hal negatif. Kasus narkoba biasanya tidak jauh dari penyalahguna, pengedar dan pecandu. Narkoba sendiri sudah menjadi kasus yang selalu ada di masyarakat. Obat ini memiliki efek yang sangat buruk, bisa membuat orang sakit hingga nyawa orang hilang.

Orang yang menggunakan narkoba mengalami berbagai efek seperti: B. Sulit berkonsentrasi, tidak mampu mengendalikan diri, kerusakan otak, kehilangan nafsu makan, mual, tekanan darah tinggi dan beberapa efek negatif lainnya. Dengan kata lain, penyalahgunaan narkoba sangat berbahaya dan harus dihindari oleh semua orang, terutama generasi muda.

Namun, obat-obatan tidak selalu berdampak buruk. Dengan penggunaan yang tepat, obat ini memiliki banyak keuntungan. Salah satunya sangat berguna dalam dunia medis, terutama saat merawat pasien. Obat-obatan sering digunakan sebagai anestesi dosis rendah.

Dari penjelasan di atas, kita dapat menyimpulkan bahwa narkoba memiliki efek baik dan buruk. Baik buruknya obat ini tergantung pemakainya. Nah, obat-obatan perusak adalah obat-obatan terlarang yang tidak ada manfaatnya dalam dunia kesehatan.

Sumber :

Close
Menu