Heboh Gaji Rp250 Juta, Pekerjaan Apa yang Digaji Segitu?

heboh-gaji-rp250-juta

Gaji yang mengerikan 250 juta, pekerjaan apa yang membayar begitu banyak?

heboh-gaji-rp250-juta

Beberapa waktu lalu, media sosial membahas gaji 250 juta rupee. Berawal dari cuitan tentang gaji calon mitra yang harus mencapai minimal Rp 250 juta per bulan.

Mengutip Tempo.co, berawal dari cuitan selebriti Jenny Jusuf yang mengunggah polling menghibur kepada pengguna internet tentang gaji minimum calon pasangan.

“Bebs. Apakah Anda memiliki kriteria penghasilan minimum untuk calon mitra? Misalnya harus di atas 10 juta rupee, harus lebih tinggi dari Anda, dll. Alasannya? #Surveiiseng”, tweet akun @JennyJusuf, Minggu lalu (14/02/2021).

Tweet tersebut mendapat reaksi beragam. Salah satunya adalah seorang selebriti, Andrea Gunawan.

Melalui akunnya @catwomanizer ia berkomentar bahwa kriteria pasangan baginya adalah gaji minimal Rp 250 juta per bulan dan juga dana pensiun.

Upah buruh Rp 250 juta

Kicauan gaji Rp250 juta itu kemudian menuai beragam reaksi dan ramai diperbincangkan netizen. Banyak yang penasaran pekerjaan atau profesi apa yang bisa menghasilkan gaji sebesar itu.

Mengutip Detik.com, peneliti Institute of Economic and Financial Development (INDEF) Bhima Yudhistira mengatakan, sebenarnya ada beberapa pekerjaan yang bisa menghasilkan hingga 250 juta rupee sebulan.

“Ada beberapa kategori pekerjaan yang memiliki gaji tinggi seperti: content creator/digital influencer, pengacara, digital marketing/developer/profesional yang terkait dengan IT ekonomi digital, manager di perusahaan real estate besar, CEO perusahaan startup dengan Status unicorn/Dekacorn,” kata Bima, dikutip Antara. dari Detik.com, Selasa (24/8/2021).

Berikut ini adalah rincian pekerjaan yang biasanya membayar Rp. 250 juta:

Pengacara
pekerja TI
Ahli Kecerdasan Buatan
Ilmuwan data
Pengembang program
Pemasaran digital
Bisnis real estat besar

Selain itu, financial planner Indonesia Advisors Alliance Group Andy Nugroho juga menyebutkan beberapa profesi lain yang bisa mendapatkan gaji 250 juta rupee per bulan.

Misalnya perusahaan di bidang energi atau pertambangan, bisnis real estate, bisnis multi level marketing (MLM), hingga bisnis agen asuransi.

Meski begitu, gaji setinggi itu kemungkinan besar akan dilakukan ketika seseorang sudah menduduki jabatan tinggi, yakni CEO atau direktur.

Sulit didapatkan

Selain itu, Andy juga menyatakan bahwa penghasilan Rp 250 juta per bulan tidak mudah didapat. Bahkan bisa dikatakan di era millennium tidak mungkin bekerja sebagai pegawai biasa.

Pasalnya, seseorang harus sudah menjabat sebagai direktur atau manajer senior untuk menerima gaji tersebut.

“Saat bekerja sebagai karyawan di usia milenial, penghasilannya begitu besar sehingga tentunya sulit karena harus sampai ke level direktur atau eksekutif. Milenial belum tentu 1 dari 100 orang,” kata Andy.

Butuh modal banyak

Jelas, banyak modal yang dibutuhkan untuk mencapai posisi ini. Misalnya, untuk menjadi seorang influencer, Anda membutuhkan modal follower yang banyak.

Kemudian ketika Anda menjadi pengacara bergaji tinggi, Anda membutuhkan banyak modal pendidikan dan harga yang tidak bisa dibilang murah.

Modal pendidikan sangat penting. Beberapa profesi bergaji tinggi membutuhkan pendidikan tinggi, yang tentu saja cukup mahal dan waktu belajarnya tidak singkat.

Ini juga terkait dengan hak istimewa atau privilege. Mengutip Kompas.com, Bhima menyatakan bahwa lingkungan seseorang sangat besar pengaruhnya terhadap jangkauan pekerjaan dan pendapatan.

Orang yang lahir dalam keluarga kaya lebih cenderung melihat peluang. Hal ini terlihat dari banyaknya influencer yang berasal dari keluarga artis maupun keluarga kaya.

“Saya kira kalau anak-anak kaya, mereka bisa mendapatkan keistimewaan lebih dari anak-anak dari keluarga miskin dengan biaya mahal. Jadi awalnya berbeda,” pungkas Bima.

Sumber :

Close
Menu