7 Hoaks Film yang Berhasil Menipu Penonton

Hoaks Film

7 Film Hoax yang Berhasil Menipu Pemirsa | Apakah Anda Tertipu?

Hoaks Film

Dalam semua pembuatan film-film terbaik tentunya ada mitos atau urban legend yang muncul, entah ini nyata atau sengaja dibuat oleh marketing untuk mempromosikan film yang sedang dibuat.

Mitos-mitos tersebut kemudian berkembang menjadi kepercayaan pada penonton dan masyarakat sekitar bahwa apa yang terjadi dalam film, atau apa yang terjadi di balik pembuatan film tersebut, benar-benar terjadi.

Nah, untuk mengetahui mana yang fakta dan mana yang sebenarnya hoax, pada artikel kali ini Jaka akan membeberkan daftar film hoax terkenal yang berhasil menipu penonton. Selamat membaca!
Film Hoax yang Berhasil Menipu Pemirsa

Beberapa film hoax yang akan Jaka jabarkan di bawah ini, pasti Anda percaya pernah terjadi. Mari kita crosscheck bersama!

1. Meninggal karena dilapisi emas – Goldfinger (1964)

Jika Anda suka menonton film James Bond terbaik, Anda pasti tidak asing dengan mitos yang menyertai salah satu filmnya yang berjudul Goldfinger (1964).

Di sini, akan ada adegan ketika James Bond menemukan tubuh Gadis Bond Jill Masterson tewas dalam tubuhnya berbalut emas. Banyak yang menduga bahwa dia benar-benar mati karena kulitnya tidak mendapatkan oksigen yang cukup, sehingga disebut “skin suffocation”.

Tentu saja mitos ini tidak benar, geng. Aktris yang memerankan Bond Girl ini masih hidup dan sehat saat memerankannya. Hanya saja selama proses syuting, dokter spesialis juga hadir untuk memastikan keselamatan sang aktris.

2. Kata-kata Tidak Senonoh di Langit – Raja Singa (1994)

Legenda urban ini sudah menjadi opini umum masyarakat yang menonton The Lion King. Bahkan banyak yang protes karena dinilai menampilkan kata-kata gamblang dalam film animasi anak. Apa fakta sebenarnya?

Seperti diketahui, ada adegan Simba ambruk di tepi tebing dan menimbulkan debu beterbangan. Nah, debu itu sepertinya membentuk 3 huruf yang sekilas terlihat seperti tulisan “SEX”.

Namun, setelah diselidiki, salah satu animator Tom Sito mengklarifikasi bahwa surat tersebut sebenarnya bertuliskan “SFX” sebagai penghormatan kepada tim animator. Wah, kok bisa salah lihat ya?

3. Kematian Brandon Lee – Sang Gagak (1996)

Brandon Lee adalah salah satu aktor yang meninggal saat syuting. Saya tidak tahu siapa yang menembakkan peluru asli di properti senjata, sehingga di tempat kejadian, Brandon langsung mati karena terjangan timah panas.

Nah, ada spekulasi bahwa adegan di mana Brandon Lee ditembak dan dibunuh dimasukkan ke dalam film, menyebabkan protes besar di keluarga dan penggemarnya.

Namun, belakangan diketahui bahwa adegan di mana Brandon sebenarnya ditembak adalah saat dia sedang memegang bahan makanan, sedangkan di film adegan ini tidak ditampilkan.

4. Penyihir Oz (1939)

Ketika dirilis pada tahun 1939, The Wizard of Oz menyebabkan banyak rumor dan legenda urban berkembang di masyarakat. Salah satunya adalah ketika dalam sebuah adegan, Anda bisa melihat dengan jelas bayangan di tengah hutan.

Bayangan samar itu berbentuk seperti kurcaci yang bunuh diri. Tentu saja hal ini menimbulkan kehebohan. Menurutmu bayangan itu apa?

Nah, jawabannya mulai muncul ketika film ini direstorasi ke DVD di tahun 1990-an. Di sana terlihat jelas bahwa bayangan itu adalah seekor burung besar yang tergantung di pohon.

5. Penampakan Hantu – Tiga Pria & Seorang Bayi (1987)

Sebuah legenda urban yang beredar sekitar Agustus 1990 mengklaim bahwa dalam sebuah adegan dari film Three Men & A Baby (1987) hantu seorang anak laki-laki terekam.

Dikatakan bahwa hantu ini adalah seorang anak laki-laki berusia 9 tahun dan bunuh diri dengan pistol di rumah, di mana film atau adegan ini diambil.

Nah, setelah ditelusuri, ternyata kemunculan bocah laki-laki dalam adegan tersebut hanyalah properti film, geng. Jadi, secara kebetulan, sebuah kotak kardus berbentuk Ted Danson ditempatkan di sana untuk tujuan akting.

6. Heath Ledger dan Joker – The Dark Knight (2008)

Siapa yang tidak kenal dengan Heath Ledger? Aktor yang sukses memerankan Joker dalam film The Dark Knight ini memang memiliki akhir hidup yang tragis.

Namun, banyak yang menduga kematiannya yang mendadak dan misterius terjadi karena perannya sebagai Joker. Sudah menjadi rahasia umum bahwa aktor Joker biasanya akan mengalami depresi dan mengalami gangguan mental.

Namun, orang-orang terdekatnya dan rekan-rekannya menentang teori ini, mengklaim bahwa kematian Heath murni karena overdosis obat.

7. Film atau Acara Nyata? – Proyek Penyihir Blair (1999)

The Blair Witch Project adalah salah satu film horor berdarah pertama yang menggunakan teknik pemasaran terbaru, di mana rumor akan muncul bahwa film ini adalah film dokumenter nyata.

Sumber :

Close
Menu