Pengertian Anomie, Culture Lag, Mestizo Culture

pengertian-anomie

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang perubahan sosial yang sekarang berkaitan dengan tiga poin yaitu Anomie, Culture Lag dan Mestizo Culture. Untuk memahaminya, baca artikel ini sampai selesai:

pengertian-anomie

Pahami anomie

Menurutnya, dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), anomie adalah perilaku tanpa arah dan sikap apatis, atau bahkan keadaan masyarakat yang bercirikan pandangan sinis (negatif) terhadap suatu sistem norma, hilangnya kewenangan hukum, dan Ketidakseimbangan hubungan antar manusia, atau bisa juga diartikan, merupakan gejala ketidakseimbangan mental yang dalam manifestasinya berbeda dapat menyebabkan atau membangkitkan perilaku menyimpang.

Robert K. Merton mengemukakan pendapatnya bahwa anomie adalah ketidaksesuaian eksplisit atau implisit, atau bahwa terjadinya ketidaksesuaian / perbedaan antara tujuan budaya dan sarana kelembagaan adalah hasil dari cara masyarakat diatur berdasarkan pembagian kelas (struktur Masyarakat). .
Menurut John Hagan, teori anomi Robert K. Merton oleh karena itu berorientasi pada kelas.
Émile Durkheim, anomie adalah kemampuan menggambarkan situasi kacau tanpa aturan. Kata ini berasal dari bahasa Yunani a-: “tanpa” dan nomos: “hukum” atau “aturan”.

Dari sini dapat disimpulkan bahwa pengertian anomie secara umum adalah suatu perubahan sosial dalam masyarakat yang mempunyai atau menghasilkan berbagai pengaruh yang mempengaruhi sikap dan perilaku masyarakat dalam menyikapi perubahan, membawa kemajuan dalam harmoni dan budaya masyarakat. Jika kondisinya dibalik maka akan terjadi ketidakharmonisan dalam kehidupan bermasyarakat.

Contoh anomali:

  • tentang tawuran antar siswa
  • penyalahgunaan zat merajalela (PCC) pada remaja.

Pahami kelambanan budaya

Teori tersebut dikemukakan oleh William F. Ogburn. Teorinya menyatakan bahwa pertumbuhan budaya tidak selalu secepat keseluruhan yang berarti ada bagian yang tumbuh lambat.

Perbedaan antara tingkat kemajuan berbagai bagian dalam suatu budaya masyarakat disebut budaya lag.

Pemahaman umum tentang kelambanan budaya adalah keadaan di mana terdapat perbedaan tingkat kemajuan yang dicapai antara berbagai bagian budaya karena ada hal-hal yang dapat tumbuh dengan cepat dan lambat.
Misalnya Culture Lag:

Banyak orang memiliki ponsel yang canggih dan dikemas dengan banyak fitur untuk memudahkan aktivitas atau aktivitas hidup. Namun, mereka tidak terbiasa dengan fitur-fitur yang telah tersedia, atau mereka mungkin tidak dapat menggunakannya dengan baik. Dan terkadang kita masih menjumpai orang-orang yang memiliki ponsel yang canggih namun tetap bertanya bagaimana cara menggunakannya, misalnya menggunakan Google Maps.
Banyak siswa tidak dapat menggunakan komputer dengan baik, atau mereka memahami bagaimana menggunakan komputer tetapi menggunakannya untuk hal-hal yang tidak dapat diterapkan, seperti mengajar. B. mengoperasikan komputer untuk menonton film dewasa dan sebagainya.

Pahami budaya mestizo

Kebudayaan Mestizo (mixed culture) adalah suatu proses dimana suatu unsur budaya bercampur dengan unsur budaya lain yang berbeda warna dan karakternya. Kebudayaan Mestizo juga merupakan salah satu peristiwa disintegrasi perubahan sosial di masyarakat. Proses pembusukan merupakan hasil dari perubahan sosial yang dapat terjadi pada saat acara budaya mestizo.

Ciri dari perubahan sosial ini adalah formal dan hanya dapat meniru bentuknya tetapi tidak memahami apa artinya yang sebenarnya.

Misalnya Budaya Mestizo:

Orang-orang yang tinggal di pedesaan dan tersentuh oleh modernisasi sangat menyukai benda-benda yang dibuat dengan teknologi modern seperti mesin cuci, komputer dan lemari es, seperti gaya hidup perkotaan yang sering mereka lihat di TV dan mereka tidak melakukannya. Satu-satunya tujuan kalender adalah untuk meningkatkan status sosial sehingga dianggap lebih modern dan apa yang bisa terjadi lebih buruk jika ternyata mereka tidak dapat menggunakan barang-barang teknologi tersebut dan tidak mengerti bagaimana cara menggunakan dan memanfaatkannya Teknologi.

Budaya mestizo ditandai dengan meningkatnya pola konsumsi masyarakat dan juga demonstrasi pengaruhnya (menunjukkan kemakmuran) yang semakin meningkat dan kemungkinan juga dipengaruhi oleh iklan produk-produk modern.

Keadaan mental masyarakat yang terkait dengan gejala budaya mestizo ini sangat rentan terhadap shock dan ketidakpuasan.

Sumber :

Close
Menu