Pengertian Variabel-Jenis, Manfaat, Ciri, dan Contohnhya

Pengertian-Variabel-Jenis,-Manfaat,-Ciri,-dan-Contohnhya

Definisi variabel

Variabel adalah suatu obyek atau media penelitian yang menjadi sasaran dalam suatu penelitian yang berbentuk abstrak atau nyata. Nilai variabel memiliki varian yang setelannya dapat diubah.

 

Pengertian-Variabel-Jenis,-Manfaat,-Ciri,-dan-Contohnhya

Pemahaman umum tentang variabel dengan demikian dapat dihasilkan, yaitu sebagai salah satu objek yang ditentukan oleh peneliti untuk mendapatkan hasil informasi yang konklusif.

Dengan berbagai objek, atribut, sifat atau nilai orang yang mempunyai aktivitas untuk mencapai hasil yaitu suatu kesimpulan. Variabel juga merupakan konsep dengan nilai yang berbeda. Konsep tersebut dapat diubah menjadi variabel dengan aspek tertentu.
Pahami variabel menurut para ahli

Menurut Suharsimi Arikunto

Variabel adalah objek penelitian yang relevan dengan objek penelitian. Apa yang kemudian dapat menarik nilai dari penyelesaian suatu proses.

Menurut F.N. Kerlinger

Pengertian variabel merupakan konsep yang memiliki nilai yang berbeda dengan konsep yang dapat diubah. Sehingga konsep tersebut mendapatkan kesimpulan yang tepat dan terbaik.

Menurut Tri Mutiara

Sebuah proses yang berjalan sangat baik sehingga menarik perhatian dengan fokus pada pengaruh nilai.

Jenis variabel

Jenis variabel berikut adalah:

Variabel tak bebas

Variabel terikat adalah variabel terikat. Mereka terkait dan mempengaruhi semua variabel lainnya juga. Layaknya variabel independen, perubahan besar di antaranya disebabkan oleh variabel independen.

Variabel bebas

Variabel independen pada dasarnya adalah variabel yang menyebabkan perubahan yang dibawa oleh hasil data ke dalam proses penelitian. Yang nantinya akan ada lampiran antara variabel dependen.

Variabel moderator

Asosiasi proses antara variabel independen dan variabel dependen. Hasil datanya akan lebih kuat. Dengan demikian, proses kinerja penelitian dapat dikatakan berhasil jika data yang dihasilkan benar.

Variabel Intervening

Variabel ini memiliki beberapa pengaruh terhadap hubungan antara variabel dependen dan variabel independen. Dimana mereka tidak dapat diamati atau diukur. Dan kedua variabel ini membuat informasi dengan logika atau beberapa analisis lainnya.

Variabel kontrol

Variabel ini merupakan variabel yang dikontrol secara konstan sehingga hubungan antara variabel independen dengan variabel dependen tidak mempengaruhi faktor eksternal. Dari variabel ini dapat dikatakan bahwa nilai dan hasil dari variabel kontrol secara jelas tidak ditautkan oleh media apapun.

Layanan variabel

Keuntungan variabel adalah untuk mempersiapkan alat dan metode pengumpulan data yang tepat dengan menemukan cara yang tepat untuk menganalisis data penelitian. Selain itu juga memiliki fungsi untuk menguji hipotesis.
Properti variabel

Beberapa karakteristik menunjukkan apakah variabel penelitian dapat dikatakan baik jika sesuai dengan tujuan penelitian yang dilakukan. Variabel dapat dilihat dan diukur. Selain itu, variabel penelitian yang baik harus diidentifikasi, diklasifikasikan dan didefinisikan dengan jelas untuk meminimalkan dan menghindari kesalahan selama akuisisi dan bahkan selama pemrosesan data.

Contoh variabel penelitian

Berikut adalah contoh suatu variabel yaitu:

Contoh variabel nominal

Jenis kelamin Laki-laki Perempuan)

Warna mata (biru, coklat, hijau, cokelat).

Jenis rumah (maisonette, bungalow, ranch)

Jenis hewan peliharaan (anjing, burung, hewan pengerat, ikan, kucing)

Genotipe (AA, Aa atau aa)

 

Contoh variabel pesanan

Anda dapat meminta pasien untuk menilai jumlah rasa sakit yang mereka rasakan dalam skala 1 sampai 10. Skor 7 berarti ada lebih banyak rasa sakit daripada skor 5, dan itu lebih dari skor 3. Tapi perbedaan antara 7 dan 5 tidak bisa sama antara 5 dan 5. 3. Nilai hanya menyatakan perintah.

Baca Juga:

Close
Menu