Polusi air: definisi, sebab, akibat, solusi, contoh

Polusi-air-definisi-sebab-akibat-solusi-contoh

Pahami polusi air
Acara Baca Cepat

Pencemaran air adalah masuknya komponen, energi, atau zat tertentu ke dalam air melalui aktivitas manusia sehingga kualitas air mencapai tingkat yang mudah menguap dan tidak dapat digunakan sesuai label.

Polusi-air-definisi-sebab-akibat-solusi-contoh

Pencemaran air terjadi di hulu sungai, sungai, danau dan juga lautan. Sumber pencemaran air biasanya adalah limbah rumah tangga serta fasilitas limbah yang sengaja bersifat abrasif di perairan teritorial.

Ciri air yang tercemar dapat dilihat dari warna, bau dan rasa. Itu juga dapat diukur berdasarkan kandungan kecil dan jumlah mikroorganisme di dalam air. Namun, diperlukan lebih banyak penelitian untuk mengukur secara akurat apakah air tersebut terkontaminasi.
Pengertian pencemaran air menurut para ahli

Berikut pengertian pencemaran air menurut para ahli:

Setelah Ardhana (1994) ‘

Pencemaran air merupakan pencemaran limbah menjadi anaerob sehingga air sungai menjadi busuk dan tidak sehat lagi untuk pertumbuhan flora dan fauna air, lingkungan ini telah rusak dan tidak layak lagi untuk memenuhi kebutuhan hidup kita. ”

Michael (1990), “

Pencemaran air adalah penyimpangan sifat air dari keadaan normalnya, bukan dari kemurnian. Banyak air bersih tercemar berat oleh limbah sisa dan pembuangan limbah rumah tangga di sungai. “”

Menurut Solihin dan Darsati (1993),

Pencemaran air dapat dibagi menjadi tiga jenis:

Pencemaran kimiawi berupa senyawa karbon dan senyawa anorganik.
Kontaminasi fisik, yang dapat berupa material terapung dan terapung;
Pencemaran biologis, dapat berupa mikroba, patogen, lumut dan tumbuhan air.

Penyebab Pencemaran Air

Faktor-faktor berikut menyebabkan pencemaran air:

Sampah rumah tangga

Hal-hal kecil juga dapat menimbulkan sampah rumah tangga yang menyebabkan pencemaran air. Sampah rumah tangga ini bisa berupa air sabun, sampah rumah tangga, dan lain-lain yang terkesan sepele namun berdampak signifikan terhadap kerusakan air.

Limbah industri

Limbah pabrik atau industri juga merupakan salah satu faktor paling umum yang menyebabkan pencemaran air. Sebagian besar limbah industri dibuang langsung ke air tanpa pengolahan sebelumnya, yang dapat mencemari air.

Sektor agrikultur

Kegiatan pertanian juga dapat menghasilkan limbah yang mencemari air. Limbah pertanian ini berasal dari pupuk dan pestisida yang digunakan untuk mengawetkan tanaman. Itu juga mencemari air tanah.

Penggunaan bahan peledak untuk menangkap ikan

Faktor lain yang berkontribusi terhadap pencemaran air adalah penggunaan bahan peledak untuk memerangkap air. Cara ini dilarang, namun masih banyak dilakukan sehingga dapat menyebabkan pencemaran air dan merusak ekosistem perairan.

deterjen

Deterjen juga merupakan penyebab pencemaran air. Penggunaan deterjen dan pembuangan deterjen langsung ke dalam air menyebabkan pencemaran air. Maslaah, ditemukan di dekat air yang terkontaminasi, dapat membunuh ikan dan organisme air lainnya.

Peternakan dan perikanan

Sektor peternakan dan perikanan juga dapat menyumbang limbah ke pencemaran air. Limbah peternakan dan perikanan yang dihasilkan berupa kotoran hewan dan limbah pakan ternak juga dapat mencemari air jika tidak diolah terlebih dahulu.

sampah

Sampah juga merupakan penyebab pencemaran air. Seringkali orang secara tidak sengaja membuang sampah ke sungai dan lautan. Ini secara alami mencemari air, berbau dan berubah menjadi kotoran. Sampah juga bisa berupa sampah organik atau sampah anorganik.

Penggundulan hutan

Penyebab lain pencemaran air adalah deforestasi dan degradasi hutan. Hal ini disebabkan oleh pencabutan kayu, dahan dan daun yang mencemari sumber air. Karena hutan harus dijaga kelestariannya.

Sektor pertambangan

Limbah tambang juga dapat mencemari air. Contohnya adalah batubara yang mengandung merkuri yang dikenal dapat mencemari air. Oleh karena itu, setiap areal penambangan perlu diperhatikan agar limbahnya bisa diolah terlebih dahulu.

Tumpahan minyak di laut

Terkadang, faktor seperti tumpahan minyak di laut juga dapat mencemari air. Sebagian besar kilang minyak berada di tengah laut. Jika minyak bocor dan tumpah, ada risiko pencemaran air laut di dekat kilang.

 

 

 

LIHAT JUGA:

 

https://konveksipekanbaru.co.id/
https://cialis.id/
https://forbeslux.co.id/
https://furnituremebeljepara.co.id/
https://ppidkabbekasi.id/
https://obatpenyakitherpes.id/
https://obatsipilisampuh.id/
https://obatwasirambeien.id/
https://obatkuatpria.id/
https://obatpenggemukbadan.id/

Close
Menu