Cara Mudah Menggunakan Rumus Pengurangan di Excel

Cara-Mudah-Menggunakan-Rumus-Pengurangan-di-Excel

Microsoft Excel dikemas dengan berbagai formula dan fungsi yang berguna untuk memfasilitasi berbagai aktivitas penghitungan dan pemrosesan data.

Cara-Mudah-Menggunakan-Rumus-Pengurangan-di-Excel

Berikut Ini Telah Kami Kumpulkan Yang Bersumber Dari Laman https://www.blogpress.id/ Yang Akhirnya Saya Tuliskan Disini.

Microsoft Excel memenuhi syarat untuk aktivitas Office dasar karena fungsinya yang relatif lengkap. Salah satu rumus yang umum digunakan di Excel adalah pengurangan.

Berikut cara menggunakan rumus pengurangan Excel yang benar.

Rumus pengurangan Excel dasar dengan angka

Rumus pengurangan Excel dasar dengan angka

Microsoft Excel tidak menyediakan program perangkat lunaknya dengan fungsi khusus untuk menghitung operasi pengurangan dua atau lebih bilangan.

Untuk menghitung hasil pengurangan data di Excel, Anda hanya punya satu pilihan, yaitu tanda minus atau minus pada keyboard “-“.

Microsoft Excel memungkinkan Anda melakukan operasi reduksi data baik dalam bentuk angka dalam sel atau melalui referensi sel Excel langsung. Jumlah angka yang dapat terlibat dalam operasi pengurangan aritmatika

Excel sangat luar biasa. Untuk melakukan operasi pengurangan pada dua atau banyak angka dalam satu sel:

Pilih sel Excel kosong tempat Anda ingin melihat hasil operasi pengurangan
Masukkan operator “=” tanpa tanda kutip di sel yang dipilih
Selanjutnya, masukkan angka yang ingin Anda hitung hasil operasi pengurangannya. Semua “-” (Misalnya, Anda mungkin ingin mengurangi 137 dari 30. Kemudian, di sel Excel, ketik = 137-30.)
Tekan “Enter” pada keyboard maka sel akan menampilkan hasil 107

Pelajari juga:

Rumus dieja Excel
Rumus rata-rata Excel

Menggunakan sel Excel sebagai referensi data

Rumus pengurangan Excel dengan sel Excel

Sedikit berbeda dengan metode sebelumnya yang menghitung operasi pengurangan antara satu bilangan dan bilangan berikutnya. Operasi pengurangan Excel ini menggunakan sel sebagai sumber referensi untuk nilai dalam data yang tersedia.

Oleh karena itu, data harus tersedia dalam file Excel sebelumnya. Berikut adalah tutorial tentang cara melakukan operasi pengurangan pada referensi sel

Klik pada sel Excel kosong tempat Anda ingin meletakkan hasil operasi pengurangan
Ketika karakter operator adalah “=” untuk mulai melakukan operasi kalkulasi
Kemudian klik sel yang ingin Anda masukkan ke dalam penghitungan. Misalnya, klik sel A5 lalu klik B5. Operasi pengurangan ditulis sebagai berikut: = A5 – B5
Klik tombol “Enter”

 

 

Sertakan sel sebagai konstanta

Sertakan sel sebagai konstanta

Dalam keadaan tertentu, Anda mungkin ingin menghitung hasil operasi pengurangan antara satu sel dan sel lain dengan nilai tetap.

Sel dengan nilai tetap ini digunakan sebagai konstanta, sehingga tidak akan berubah meskipun rumus disalin atau diseret ke kolom lain. Beginilah rumus tersebut digunakan:

= H3 – $ G $ 2

Dalam rumus di atas, nilai di sel H3 dikurangi dengan nilai di sel G2. Namun, sel G2 digunakan sebagai konstanta dengan tanda $.

Mengetik simbol $ menginstruksikan Microsoft Excel untuk tidak mengubah kolom G2 ke kolom di bawahnya atau ke sel lain.

Sehingga referensi ke rumus selalu masuk ke sel G2. Artinya, kolom G2 dibuat absolut.

 

  Lihat Juga : keyboard laptop tidak berfungsi

Close
Menu