17 Pertanyaan Jebakan Saat Interview dan Cara Menjawabnya

wawancara-kerja

12 pertanyaan trik wawancara dan bagaimana menjawabnya

wawancara-kerja

Tips ini berasal dari buku Uswatun Hasanah, M.Pd. Di ARASKA-Verlag ada beberapa pertanyaan jebakan yang akan ditanyakan pewawancara selama wawancara.

  • Trik pertanyaan berikut sering ditanyakan oleh pewawancara selama wawancara, di antaranya:
  • Berapa gaji yang Anda harapkan? (Berapa gaji yang Anda inginkan)
  • Pertanyaan jebakan ini dibahas secara lengkap dan panjang lebar. Untuk menjawabnya silahkan lihat artikel di Menjawab Pertanyaan Wawancara Gaji.
  • Ceritakan sesuatu tentang Anda! (Ceritakan tentang diri Anda)

Ini biasanya pertanyaan pertama. Jadi jangan menghabiskan terlalu banyak waktu untuk menjawabnya. Memberikan jawaban atas empat topik: tahun-tahun sebelumnya, pendidikan, pengalaman kerja, dan pengalaman kerja saat ini.

Apa yang Anda ketahui tentang perusahaan ini? (Apa yang Anda ketahui tentang perusahaan ini?)

Ketika ditanya pertanyaan ini, Anda diharapkan dapat mendiskusikan produk atau layanan, pendapatan, reputasi, pandangan komunitas, tujuan, masalah, gaya kepemimpinan, orang-orang di dalamnya, sejarah, dan filosofi perusahaan.

Berikan tanggapan yang memberi tahu pewawancara bahwa Anda meluangkan waktu untuk meneliti perusahaan, tetapi jangan berpura-pura mengetahui segalanya tentang perusahaan tersebut, tunjukkan keinginan untuk mempelajari lebih lanjut tentang perusahaan tersebut, dan jangan memberikan tanggapan negatif seperti ” Saya tahu perusahaan Anda dalam masalah, itulah mengapa saya ada di sini “. Tekankan kekuatan perusahaan dan minat Anda padanya.

  • Apa yang Anda berikan kepada perusahaan kami? (Apa yang bisa Anda tawarkan kepada perusahaan kami?)
  • Sebutkan prestasi dan jenjang karir yang telah Anda capai. Buat daftar keterampilan dan hal-hal yang menarik perhatian Anda dan gabungkan dengan kisah sukses Anda. Nyatakan kemampuan Anda untuk memprioritaskan, mengidentifikasi, dan mengatasi masalah.
  • Bagaimana Anda tertarik dengan pekerjaan ini? (Apa yang membuat Anda tertarik pada pekerjaan ini?)
  • Sebutkan tiga sampai empat faktor menarik tentang pekerjaan yang akan Anda ambil dan satu hal kecil sebagai faktor yang kurang menarik.
  • Mengapa kita harus mempekerjakan Anda? (Mengapa kami harus merekrut Anda?)
  • Pertanyaan ini sesuai dengan pertanyaan keempat. Sebutkan saja keahlian Anda yang dapat mendukung perusahaan.
  • Apa yang Anda cari dalam pekerjaan itu? (Apa yang Anda cari dalam pekerjaan?)
  • Memberi jawaban berkisar pada peluang di dalam organisasi. Beri tahu pewawancara jika Anda ingin berkontribusi dan dikenal. Hindari jawaban yang mempertanyakan stabilitas keuangan pribadi.
  • Menurut Anda, posisi apa yang Anda cari? (Menurut Anda, apa definisi posisi yang Anda inginkan?)
  • Berikan jawaban singkat dan menyeluruh tentang tugas dan tugas. Pastikan Anda memahami posisinya sebelum menjawab.
  • Berapa lama kamu akan bersama kami (Berapa lama Anda akan bersama kami?)
  • Beri tahu pewawancara bahwa Anda tertarik berkarir di perusahaan tetapi ingin terus tertantang untuk mencapai tujuan bersama.
  • Mengapa Anda meninggalkan pekerjaan Anda saat ini? (Mengapa Anda meninggalkan pekerjaan Anda sebelumnya?)

Anda harus menjawab pertanyaan ini dengan jujur ​​tetapi singkat dan jelas, bahkan jika Anda telah dipecat. Tapi ingat, konflik pribadi tidak boleh disebutkan. Anda perlu memperhitungkan bahwa pewawancara cenderung bertanya banyak tentang masalah ini agar Anda tidak terbawa emosi.

Apa pendapat Anda tentang bos Anda (Apa pendapat Anda tentang atasan / atasan Anda sebelumnya?)

Ini juga pertanyaan yang perlu Anda jawab dengan hati-hati. Jawab pertanyaan ini sepositif mungkin, karena jika Anda memberikan penilaian negatif kepada mantan atasan Anda, pewawancara juga akan menilai Anda secara negatif. Kenapa ini? karena mereka juga beranggapan kalau nanti kamu kerja di perusahaan lain, kamu akan menjawab sama saat interview.

  • Apa yang Anda cari untuk pekerjaan itu? (Apa yang Anda cari dalam pekerjaan?)

Memberi jawaban berkisar pada peluang di dalam organisasi. Beri tahu pewawancara bahwa Anda ingin berkontribusi dan dikenal. Hindari jawaban yang mempertanyakan stabilitas keuangan pribadi, seperti: B. keinginan untuk menerima gaji yang memadai untuk kebutuhan hidup.

Ini adalah pertanyaan wawancara yang rumit. Tentunya Anda perlu berhati-hati saat ditanyai pertanyaan-pertanyaan di atas. Sekali lagi, Anda perlu membuat daftar pertanyaan dan berlatih menjawabnya.

Sumber :

Close
Menu